8 Feb 2016

AL-MUSHANNAF (Kajian Kitab Hadis)



A. Pendahuluan
     Menurut istilah ahli hadis, al-Mushannaf adalah kitab yang disususun berdasarkan bab-bab fiqh, meliputi hadis-hadis marfu’, mauquf dan maqtu’.  Artinya pada kitab ini terdapat hadis-hadis Nabi, qaul sahabat, fatwa tabi’in dan terkadang fatwa attabi’ tabi’iin.[1]
     Dalam arti lain al-Mushannaf berarti sesuatu yang disusun, namun secara terminologis kata mushannaf ini sama artinya dengan kata muwatha’, yaitu metode pembukuan hadis berdasarkan klasifikasi hokum islam (abwab fiqqiyyah) dan mencantumkan hadis hadis marfu’, mauquf, dan maqtu’, seperti halnya muwatha’.  Jadi secara garis besar al-Mushannaf sama artinya dengan Sunan dan Muwatha’.[2]
     Perbedaan al-Musannaf dan sunan diantaranya, jika al-Mushannaf mencakup hadis-hadis marfu’, mauquf, dan maqtu’, sementara, kalau sunan hanya berisi hadis-hadis marfu’.  Apabila ada hadis di luar marfu’ amat sedidkit, karena hadis-hadis mauquf dan ma’tu’ tidak disebut dalam istilah mereka dengan sunan.  Di luar perbedaan tersebut, secara umum al-Mushannaf dan al-Sunan sama saja.[3]
     Kitab-kitab al-Mushannaf yang telah dikarang oleh ulama’ di anataranya :[4]
1.             Al-Mushannaf karya Abu Bakar ‘Abd Allah bin Muhammad bin Abi Syaibah al-Kufy (-235 H)
2.             Al-Mushannaf karya Abu Bakar Abd ar-Razaq bin Hammam bin Abi Shan’ani (-211 H.)
3.             Al-Mushannaf karya Baqi bin Makhlad al-Qurtubi (-276 H.)
4.             Al-Mushannaf karya Abu Syufyan Waki’ bin Jarrah al-Kuffi (196 H.)
5.             Al-Mushannaf karya Abi Salamah Hammad bin Salamah al-Basri (-167 H.)

B. Sejarah Hidup ‘Abd ar-Razaq
     ‘Abd ar-Razaq nama lengkapnya ‘Abd ar-Razaq bin Hammam bin Nafi’ al-Humairi Abu Bakar al-Shan’ani.  Beliau lahir pada tahun 126 H.[5] Beliau wafat pada pertengahan Syawwal pda tahun 211 H.[6]
     Abd ar-Razaq semasa kecil berdomisili di Yaman, dan beliau banyak belajar ilmu agama dari para ulama dan imam di masanya.  Beliau  mengarang kitab al-Mushannaf tatkala berkunjung ke Syam sambil berdagang sambil mengumpulkan hadis-hadis dari para imam besar seperti Imam al-‘Auza’i, dan lainnya.[7]
     Menurut ulama karya-karya ‘Abd ar-Razaq sebenarnya tidak terungkap dengan jelas, akan tetapi karya-karya beliau yang beredar ditulis oleh muridnya yang dinisbatkan kepada beliau, sebab hal itu terbukti dengan adanya bentuk-bentuk periwayatan yang ada tidak langsung dari beliau, akan tetapi hanya disandarkan saja, misalnya dalam bentuk tafsir, contoh :
حدثنا الحسن بن يحيى قال : أخبرنا عبد الرزاق قال : أخبرنا معمر عن قتادة: (لاريب فيه هدى) يقول: لا شك فيه.[8]
Adapun model bentuk hadis misalnya, contoh:

أخبرنا أبو سعيد أحمد بن محمد بن زياد الأعرابي قال أخبرنا إسحق بن إبراهيم بن عباد الدبري قال قرأنا على عبد الرزاق بن همام عن معمر عن أيوب عن ابن سيرين قال يؤمر الصبي بالصلاة إذا عرف يمينه من شماله وبالصوم إذا أطاقه[9]    
,Abd ar-Razaq memiliki banyak giru dan murit, di antara guru-guru beliau adalah Ma’mar, ‘Ubaid Allah, Aiman bin Nabil, ‘Ikrimah bin ‘Ammar, Ibn Juraij, Malik, Zakariya bin Ishaq, Ja’far bin Sulaiman, Yunus bin Sulaim, Ibn Abi Rawad, Isra’il, Isma’il bin ‘Ias, dan lainnya.[10]
     Kemudian, murid beliau di antaranya, Ibnu ‘Uyainah, Mu’tamar bin Sulaiman (keduanya termasuk dari gurunya), Waqi’, Abu Asamah, Ahmad, Ishaq, ‘Ali, Yahya, Abu Haitsamah, Ahmad bin Shalih, Ibrahim bin Musa, ‘Abdullah bin Muhammad al-Musnadi, Salamah bin Syaibah, Yahya bin Musa, Ishaq bin Ibrahim as-Sa’di, Ishaq bin Manshur al-Kausaj, Ahmad bin Yusuf as-Salmi, Hasan bin ‘Ali al-Khalal, ‘Abdurrahman bin Basyar bin Hakim, Abd bin Humaid, Muhammad bin Rafi’, Muhammad bin Mihran, Mahmud bin Ghilan, Muhammad bin Yahya adz-Dzahli, Abu Mas’ud ar-Razaq, Ishaq bin Ibrahim ad-Dabari dan lain sebagainya.[11]

Karya Beliau
     Menurut para ulama bahwa, Imam ‘Abd ar-Razaq telah mengarang banyak kitab, akan tetapi secara khusus yang bisa disebut karyanya di antaranya yaitu :
1.          As-Sunan fi al-Fiqh
2.          Al-Maghazi
3.          Tafsir Qur’an
4.          al-Jami’ al-Kabir fi al-Hadis ( Yang dimaksud disini Al-Mushannaf)
5.          Tazkiyah al-Arwah ‘an Mawaqi’ al-Iflah
6.          Al-amali fi Atsar ash-Shahabah.[12]

C. Pendapat Ulama Tentang Beliau
     Menurut kesaksian sebagaian besar ulama baik secara dekat maupun secara jauh bahwa, ‘Abd ar-Razaq ash-Sham’ani adalah seorang yang ‘adil, dhabit dan tergolong orang sahih dan pemilik sunan.[13]
     Selanjutnya, perincian pendapat ulama tentang ‘Abd ar-Razaq bin Hamam sebagai berikut: Menurut Abu Zur’ah beliau seorang yang tsabat hadisnya, Hanbal bin Ishaq dari Ahmad berkomentar bahwa siapa saja mendengar hadis dari kitabnya maka itu shahih, menurut Ibnu Syadzakuni dan Ahmad bin Hanbal ‘Abd ar-Razaq  adalah atsbat an-Nas. Dalam hal ini ad-Daruqudni berpendapat bahwa ‘Abd ar-Razaq adalah seorang yang tsiqah, akan tetapi ada kesalahan apabila mengambil hadis dari jalur Ma’mar.  Abu Zur’ah berkomentar bahwa, beliau adalah hafid al-hadis. Ibnu al-Jauzi di dalam Manaqib Imam Ahmad bin Hanbal berkata, bahwa ‘Abd ar-Razaq adalah Imam hadis dan Fiqh.[14] Dan masih banyak lagi pendapat ulama yang menyanjung beliau di dalam hal kedalaman ilmunya.

D. Sekilas Pandang Tentang Kitab Mushannaf Abd ar-Razaq
     Al-Mushannaf karangan Abd ar-Razaq ini adalah salah satu kitab hadis mu’tabarah yang ada di dalam referensi hadis.  Jumlah hadis di dalamnya kurang lebih 15405 hadis.  Yang berkualitas sahih hasan, dha’if.[15]
     ‘Abd ar_razaq adalah seorang muhadis yang menulis hadis dan memiliki sanad berfariasi, ada yang hanya bersandar pada Nabi saw. (marfu’) Contoh:
عبد الرزاق عن الثوري عن الجلد بن أيوب عن أبي إياس معاوية بن قرة عن أنس بن مالك قال أجل الحيض عشر ثم هي مستحاضة[16]
ada yang disandarkan pada sahabat (mauquf) contoh :
عبد الرزاق عن معمر عن قتادة قال كان أنس وأبو هريرة والحسن وأخوه سعيد وجابر بن زيد يصلون قبل خروج الامام وبعده[17]
Dan ada juga yang disandarkan pada tabi’in (maqtu’) contoh : 
أخبرنا عبد الرزاق قال أخبرنا ابن جريج عن عطاء قال يؤمر الغلام بالصلاة قبل الصيام لأن الصلاة هي أهون[18] 
     Kemudian beliau dalam menulis hadis selalu menyebutkan tema-tema tertentu, yang selanjutnya didukung oleh beberapa hadis yang jumlahnya berfariasi. Contoh :
عبد الرزاق عن معمر و الثوري عن هشام بن عروة عن أبيه عن عمر بن أبي سلمة أنه قال رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يصلي في ثوب واحد متوشحا به قد خالف بين طرفيه قال الثوري في حديثه في بيت أم سلمة[19]
     Perihal menghukumi hadis beliau tidak berkomentar sama sekali.  Menurut penulis pada masa ‘Abd ar-Razaq para ulama tidak banyak berkomentar seputar hukum hadis.




[1] Mahmud at-Tahhan, 40
[2] Ali Mustofa Yaqub,  Kritik Hadis, h. 77
[3] Mahmud at-Tahhan, 40
[4] Mahmud at-Tahhan, 40
[5] Tahdhib, Jilid 3,  h. 444
[6] Muqaddimah,  h. 26
[7] Tafsir Qur’an, Muqaddimah, h. 8.
[8] Tafsir Qur’an, Muqaddimah, h.39  
[9]  ‘Abd ar-Razaq,  Mushannaf,  Juz 4,  h. 153
[10] Tahdhib,  h. 444
[11] Tahdhib,  h. 444
[12] Muqaddimah Tafsir al-Qur’an, h. 27
[13] Muqaddimah, h. 12
[14] Tahdhib,  Jilid 3,  h. 444-445;   Adz-Dzahabi,  Mizan al-I’tidal,  Jilid 2, h. 608;  Ar-Razi, Kitab al-Jarh wa Ta’dil, Jilid 6, h. 39-40; Adz-Dhahabi, Siyar a’lam an-Nubala, Jilid 10, h.566  Lihat, Muqaddimah Tafsir,  h. 12-16
[15] Muqaddimah Mushannaf, Juz 1, h. 11
[16] ‘Abd ar-Razaq,  Mushannaf,  Juz 1,  h. 299.
[17] Mushannaf,  Juz 1,  h. 371
[18] Mushannaf, Juz 1 ,h. 153
[19] Mushannaf, Juz 1,  h. 369.  Kitab Shalat;  Bab ma Yakfi ar-Rajul min ats-Stayyab 

No comments:

Post a Comment

Setiap Mencopy artikel mohon meninggalkan pesan yang membagun