Hadis tentang shalat tasbih setelah dicari, terdapat pada
beberapa Kitab Hadis. Di antaranya Kitab
Sunan at-Tirmidzi,[1]
Sunan Abu Daud[2]
dan Sunan Ibnu Majah.[3]
Selanjutnya, teks hadis secara lengkap sebagai berikut :
AT-Tirmidzi
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ
الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ حُبَابٍ الْعُكْلِيُّ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ
عُبَيْدَةَ حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ أَبِي سَعِيدٍ مَوْلَى أَبِي بَكْرِ بْنِ
مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ عَنْ أَبِي رَافِعٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلْعَبَّاسِ يَا عَمِّ أَلَا أَصِلُكَ
أَلَا أَحْبُوكَ أَلَا أَنْفَعُكَ قَالَ بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ يَا
عَمِّ صَلِّ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ تَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ بِفَاتِحَةِ
الْكِتَابِ وَسُورَةٍ فَإِذَا انْقَضَتْ الْقِرَاءَةُ فَقُلْ اللَّهُ أَكْبَرُ
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ خَمْسَ
عَشْرَةَ مَرَّةً قَبْلَ أَنْ تَرْكَعَ ثُمَّ ارْكَعْ فَقُلْهَا عَشْرًا ثُمَّ
ارْفَعْ رَأْسَكَ فَقُلْهَا عَشْرًا ثُمَّ اسْجُدْ فَقُلْهَا عَشْرًا ثُمَّ
ارْفَعْ رَأْسَكَ فَقُلْهَا عَشْرًا ثُمَّ اسْجُدْ الثَّانِيَةَ فَقُلْهَا عَشْرًا
ثُمَّ ارْفَعْ رَأْسَكَ فَقُلْهَا عَشْرًا قَبْلَ أَنْ تَقُومَ فَتِلْكَ خَمْسٌ
وَسَبْعُونَ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ هِيَ ثَلَاثُ مِائَةٍ فِي أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ
فَلَوْ كَانَتْ ذُنُوبُكَ مِثْلَ رَمْلِ عَالِجٍ لَغَفَرَهَا اللَّهُ لَكَ قَالَ
يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَنْ يَسْتَطِيعُ أَنْ يَقُولَهَا فِي كُلِّ يَوْمٍ قَالَ
فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ أَنْ تَقُولَهَا فِي كُلِّ يَوْمٍ فَقُلْهَا فِي جُمْعَةٍ
فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ أَنْ تَقُولَهَا فِي جُمُعَةٍ فَقُلْهَا فِي شَهْرٍ فَلَمْ
يَزَلْ يَقُولُ لَهُ حَتَّى قَالَ فَقُلْهَا فِي سَنَةٍ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا
حَدِيثٌ غَرِيبٌ مِنْ حَدِيثِ أَبِي رَافِع
I’tibar Sanad
1. Kuraib Muhammad bin al-‘Ula’
Nama
lengkapnya Muhammad bin al’Ala’ bin
Kuraib al-Hamdani, Abu Kuraib[4]
al-Kufi al-Hafid. Wafat pada tahun 248
H. Ia meriwayatkan hadis dari ‘Abd Allah bin Idris, Hafsu bin Ghiyas, Abi
Bakar bin ‘Iyas, Hasyim, Mu'tamar dan lainnya.
hadis-hadisnya diriwayatkan oleh
Jama’ah, An-Nasa’i, Abi Hatim, Abu Zur’ah, ‘Abd Allah bin Ahmad bin
Hanbal dan lainnya. Beliau tergolong
perawi yang siqah hafid.[5]
2. Zaid bin Hubbab al-‘Ukli
Nama
lengkapnya Zaid bin al-Habban bin al-Riyan Abu al-Husain al-‘Ukli, beliau wafat pada tahun 230 H. Beliau meriwayatkan hadis dari Aiman bin Naabil, ‘Ikrimah bin ‘Ammar,
Ibrahim bin Nafi’ dan lainnya.
Hadis-hadisnya diriwayatkan oleh Abu Kuraib, Abu Haisamah dan
lainnya. Beliau tergolong siqah. [6]
3. Musa bin ‘Ubaidah
Nama lengkapnya Musa bin ‘Ubaidah
bin Nasyit bin ‘Amru bin al-Haris Abu ‘Abd al-‘Aziz al- Madani, beliau wafat
pada tahun 153 H. Beliau meriwayatkan
hadis dari Sa’id bin Abi Sa’id, Ayyub bin Khalid dan lainnya. Hadis-hadisnya diriwayatkan oleh Ibnu
Mubarak, ‘Isa bin Yunus dan lainnya.
Menurut kritikus hadis dia tergolong dha’if dan matruk al-hadis. [7]
4. Sa’id bin Abi Sa’id
Nama lengkapnya Sa’id bin Sa’id
al-Anshari al-Madani, tahun wafatnya tidak diketahui. Beliau meriwayatkan hadis dari Abu Rafi’ dan ‘Adra’ as-Salmi. Hadis-hadisnya diriwayatkan oleh Musa bin
‘Ubaidah. Menurut Ibnu Hajar dia
tergolong majhul. [8]
5. Abi Rafi’
Nama
lengkapnya adalah Aslam al-Qadbi maula Rasul Allah saw., salah seorang
sahabat Nabi. Ia
meriwayatkan hadis dari Nabi saw., Ibn Mas’ud dan lainnya, hadis-hadisnya diriwayatkan oleh Sa’id bin
Abi Sa’id, Sulaiman bin Yasar dan lainnya.[9]
Abu Daud
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ بِشْرِ
بْنِ الْحَكَمِ النَّيْسَابُورِيُّ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ
حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ أَبَانَ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِلْعَبَّاسِ بْنِ
عَبْدِ الْمُطَّلِبِ يَا عَبَّاسُ يَا عَمَّاهُ أَلَا أُعْطِيكَ أَلَا أَمْنَحُكَ
أَلَا أَحْبُوكَ أَلَا أَفْعَلُ بِكَ عَشْرَ خِصَالٍ إِذَا أَنْتَ فَعَلْتَ ذَلِكَ
غَفَرَ اللَّهُ لَكَ ذَنْبَكَ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ قَدِيمَهُ وَحَدِيثَهُ خَطَأَهُ
وَعَمْدَهُ صَغِيرَهُ وَكَبِيرَهُ سِرَّهُ وَعَلَانِيَتَهُ عَشْرَ خِصَالٍ أَنْ
تُصَلِّيَ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ تَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ
وَسُورَةً فَإِذَا فَرَغْتَ مِنْ الْقِرَاءَةِ فِي أَوَّلِ رَكْعَةٍ وَأَنْتَ
قَائِمٌ قُلْتَ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ
لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً
ثُمَّ تَرْكَعُ فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ رَاكِعٌ عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ
مِنْ الرُّكُوعِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَهْوِي سَاجِدًا فَتَقُولُهَا
وَأَنْتَ سَاجِدٌ عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنْ السُّجُودِ فَتَقُولُهَا
عَشْرًا ثُمَّ تَسْجُدُ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ
فَتَقُولُهَا عَشْرًا فَذَلِكَ خَمْسٌ وَسَبْعُونَ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ تَفْعَلُ
ذَلِكَ فِي أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ إِنْ اسْتَطَعْتَ أَنْ تُصَلِّيَهَا فِي كُلِّ
يَوْمٍ مَرَّةً فَافْعَلْ فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّةً
فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ شَهْرٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي
كُلِّ سَنَةٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي عُمُرِكَ مَرَّةً حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ سُفْيَانَ الْأُبُلِّيُّ حَدَّثَنَا حَبَّانُ بْنُ هِلَالٍ أَبُو
حَبِيبٍ حَدَّثَنَا مَهْدِيُّ بْنُ مَيْمُونٍ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ مَالِكٍ عَنْ
أَبِي الْجَوْزَاءِ قَالَ حَدَّثَنِي رَجُلٌ كَانَتْ لَهُ صُحْبَةٌ يَرَوْنَ
أَنَّهُ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَمْرٍو قَالَ قَالَ لِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ائْتِنِي غَدًا أَحْبُوكَ وَأُثِيبُكَ وَأُعْطِيكَ حَتَّى
ظَنَنْتُ أَنَّهُ يُعْطِينِي عَطِيَّةً قَالَ إِذَا زَالَ النَّهَارُ فَقُمْ
فَصَلِّ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فَذَكَرَ نَحْوَهُ قَالَ ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ
يَعْنِي مِنْ السَّجْدَةِ الثَّانِيَةِ فَاسْتَوِ جَالِسًا وَلَا تَقُمْ حَتَّى
تُسَبِّحَ عَشْرًا وَتَحْمَدَ عَشْرًا وَتُكَبِّرَ عَشْرًا وَتُهَلِّلَ عَشْرًا
ثُمَّ تَصْنَعَ ذَلِكَ فِي الْأَرْبَعِ الرَّكَعَاتِ قَالَ فَإِنَّكَ لَوْ كُنْتَ
أَعْظَمَ أَهْلِ الْأَرْضِ ذَنْبًا غُفِرَ لَكَ بِذَلِكَ قُلْتُ فَإِنْ لَمْ
أَسْتَطِعْ أَنْ أُصَلِّيَهَا تِلْكَ السَّاعَةَ قَالَ صَلِّهَا مِنْ اللَّيْلِ
وَالنَّهَارِ قَالَ أَبُو دَاوُد حَبَّانُ بْنُ هِلَالٍ خَالُ هِلَالٍ الرَّأْيِ
قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ الْمُسْتَمِرُّ بْنُ الرَّيَّانِ عَنْ أَبِي
الْجَوْزَاءِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو مَوْقُوفًا وَرَوَاهُ
رَوْحُ بْنُ الْمُسَيَّبِ وَجَعْفَرُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ عَمْرِو بْنِ مَالِكٍ
النُّكْرِيِّ عَنْ أَبِي الْجَوْزَاءِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَوْلُهُ وَقَالَ فِي
حَدِيثِ رَوْحٍ فَقَالَ حَدِيثُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ حَدَّثَنَا أَبُو تَوْبَةَ الرَّبِيعُ بْنُ نَافِعٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ
بْنُ مُهَاجِرٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ رُوَيْمٍ حَدَّثَنِي الْأَنْصَارِيُّ أَنَّ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِجَعْفَرٍ بِهَذَا
الْحَدِيثِ فَذَكَرَ نَحْوَهُمْ قَالَ فِي السَّجْدَةِ الثَّانِيَةِ مِنْ
الرَّكْعَةِ الْأُولَى كَمَا قَالَ فِي حَدِيثِ مَهْدِيِّ بْنِ مَيْمُونٍ
Abu Daud
1. 'Abd ar-Rahman bin Bisyar
Nama
lengkapnya adalah 'Abd ar-Rahman bin Bisyar bin al-Hakim bin Habib bin Mihran
al-‘Abdi Abu Muhammad an-Naisaburi, beliau wafat pada tahun 260 H. Ia
meriwayatkan hadis dari Musa bin ‘Abd al-‘Aziz, Sufyan bin ‘Uyainah dan
lainnya, hadis-hadisnya diriwayatkan oleh Abu Daud, Ahmad bin Salamah dan
lainnya. Beliau tergolong perawi yang siqah.[10]
2. Musa bin ‘Abd al-‘Aziz
Nama
lengkapnya adalah Musa bin ‘Abd al-Aziz al-Yamani al-Madani Abu Syu’aib
al-Qinbari, beliau wafat pada tahun 175 H.
Ia meriwayatkan hadis dari al-Hakam bin Aban, , hadis-hadisnya diriwayatkan oleh Muhammad bin
Asad al-Khasyni, 'Abd ar-Rahman bin Basyar dan lainnya. Beliau tergolong perawi yang shaduq sai’
al-hafidz.[11]
3. Al-Hakim bin Aban
Nama
lengkapnya adalah al-Hakam bin Aban al-‘Adani Abu ‘Isa, beliau wafat pada tahun
154 H. Ia meriwayatkan hadis dari
‘Ikrimah, Tawus dan lainnya, hadis-hadisnya diriwayatkan oleh Ibn ‘Uyainah,
Musa bin ‘Abd al-‘Aziz dan lainnya.
Beliau tergolong perawi yang shaduq lahu auham.[12]
4. ‘Ikrimah
Nama
lengkapnya adalah ‘Ikrimah al-Barbari Abu ‘'Abd Allah al-Madani maula Ibn
‘Abbas, beliau wafat pada tahun 154 H.
Ia meriwayatkan hadis dari Ibn ‘Abbas, ‘Ali bin Abi at-Talib dan
lainnya, hadis-hadisnya diriwayatkan
oleh al-Hakam bin Aban, Jabir bin Zaid dan lainnya. Beliau tergolong perawi yang siqah sabat.[13]
5. Ibnu ‘Abbas (shahabi)
Ibnu Majah I
حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
أَبُو عِيسَى الْمَسْرُوقِيُّ حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ حَدَّثَنَا
مُوسَى بْنُ عُبَيْدَةَ حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ أَبِي سَعِيدٍ مَوْلَى أَبِي
بَكْرِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ عَنْ أَبِي رَافِعٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلْعَبَّاسِ يَا عَمِّ أَلَا أَحْبُوكَ أَلَا
أَنْفَعُكَ أَلَا أَصِلُكَ قَالَ بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَصَلِّ
أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ تَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَسُورَةٍ
فَإِذَا انْقَضَتْ الْقِرَاءَةُ فَقُلْ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ
وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً قَبْلَ
أَنْ تَرْكَعَ ثُمَّ ارْكَعْ فَقُلْهَا عَشْرًا ثُمَّ ارْفَعْ رَأْسَكَ فَقُلْهَا
عَشْرًا ثُمَّ اسْجُدْ فَقُلْهَا عَشْرًا ثُمَّ ارْفَعْ رَأْسَك فَقُلْهَا عَشْرًا
ثُمَّ اسْجُدْ فَقُلْهَا عَشْرًا ثُمَّ ارْفَعْ رَأْسَكَ فَقُلْهَا عَشْرًا قَبْلَ
أَنْ تَقُومَ فَتِلْكَ خَمْسٌ وَسَبْعُونَ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ وَهِيَ ثَلَاثُ
مِائَةٍ فِي أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فَلَوْ كَانَتْ ذُنُوبُكَ مِثْلَ
رَمْلِ عَالِجٍ غَفَرَهَا اللَّهُ لَكَ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَنْ لَمْ
يَسْتَطِعْ يَقُولُهَا فِي يَوْمٍ قَالَ قُلْهَا فِي جُمُعَةٍ فَإِنْ لَمْ
تَسْتَطِعْ فَقُلْهَا فِي شَهْرٍ حَتَّى قَالَ فَقُلْهَا فِي سَنَةٍ
1. Musa bin ‘Abd ar-Rahman
Nama lengkapnya Musa bin ‘Abd
ar-Rahman bin Sa’id bin Masruqi bin Ma’dan bin al-Murzaban al-Kindi al-Masruqiy
Abu ‘Isa al-Kufi, wafat pada tahun 258 H.
Ia meriwayatkan hadis dari Zaid bin Hubbab dan lainnya. Hadisnya diriwayatkan oleh Ibnu Majah,
at-Tirmidzi dan lainnya. Ia tergolong siqah.[14]
2. Zaid bin Hubbab
Nama
lengkapnya Zaid bin al-Habban bin al-Riyan Abu al-Husain al-‘Ukli, beliau wafat pada tahun 230 H. Beliau meriwayatkan hadis dari Aiman bin Naabil, ‘Ikrimah bin ‘Ammar,
Ibrahim bin Nafi’ dan lainnya. Hadis-hadisnya
diriwayatkan oleh Abu Kuraib, Abu Haisamah dan lainnya. Beliau tergolong siqah. [15]
3. Musa bin ‘Ubaidah
Nama lengkapnya Musa bin ‘Ubaidah
bin Nasyit bin ‘Amru bin al-Haris Abu ‘Abd al-‘Aziz al- Madani, beliau wafat
pada tahun 153 H. Beliau meriwayatkan
hadis dari Sa’id bin Abi Sa’id, Ayyub bin Khalid dan lainnya. Hadis-hadisnya diriwayatkan oleh Ibnu
Mubarak, ‘Isa bin Yunus dan lainnya.
Menurut kritikus hadis dia tergolong dha’if dan matruk al-hadis. [16]
4. Sa’id bin Abi Sa’id
Nama lengkapnya Sa’id bin Sa’id
al-Anshari al-Madani, tahun wafatnya tidak diketahui. Beliau meriwayatkan hadis dari Abu Rafi’ dan ‘Adra’ as-Salmi. Hadis-hadisnya diriwayatkan oleh Musa bin
‘Ubaidah. Menurut Ibnu Hajar dia
tergolong majhul. [17]
5. Abi Rafi’
Nama
lengkapnya adalah Aslam al-Qadbi maula Rasul Allah saw., salah seorang
sahabat Nabi. Ia
meriwayatkan hadis dari Nabi saw., Ibn Mas’ud dan lainnya, hadis-hadisnya diriwayatkan oleh Sa’id bin
Abi Sa’id, Sulaiman bin Yasar dan lainnya.[18]
Ibnu Majah II
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ بِشْرِ
بْنِ الْحَكَمِ النَّيْسَابُورِيُّ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ
حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ أَبَانَ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلْعَبَّاسِ بْنِ
عَبْدِ الْمُطَّلِبِ يَا عَبَّاسُ يَا عَمَّاهُ أَلَا أُعْطِيكَ أَلَا أَمْنَحُكَ
أَلَا أَحْبُوكَ أَلَا أَفْعَلُ لَكَ عَشْرَ خِصَالٍ إِذَا أَنْتَ فَعَلْتَ ذَلِكَ
غَفَرَ اللَّهُ لَكَ ذَنْبَكَ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ وَقَدِيمَهُ وَحَدِيثَهُ
وَخَطَأَهُ وَعَمْدَهُ وَصَغِيرَهُ وَكَبِيرَهُ وَسِرَّهُ وَعَلَانِيَتَهُ عَشْرُ
خِصَالٍ أَنْ تُصَلِّيَ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ تَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ
بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَسُورَةٍ فَإِذَا فَرَغْتَ مِنْ الْقِرَاءَةِ فِي أَوَّلِ
رَكْعَةٍ قُلْتَ وَأَنْتَ قَائِمٌ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا
إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً ثُمَّ تَرْكَعُ
فَتَقُولُ وَأَنْتَ رَاكِعٌ عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنْ الرُّكُوعِ
فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَهْوِي سَاجِدًا فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ سَاجِدٌ
عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنْ السُّجُودِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ
تَسْجُدُ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنْ السُّجُودِ
فَتَقُولُهَا عَشْرًا فَذَلِكَ خَمْسَةٌ وَسَبْعُونَ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ تَفْعَلُ
فِي أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ إِنْ
اسْتَطَعْتَ أَنْ تُصَلِّيَهَا فِي كُلِّ يَوْمٍ مَرَّةً فَافْعَلْ فَإِنْ لَمْ
تَسْتَطِعْ فَفِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ شَهْرٍ
مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي عُمُرِكَ مَرَّةً
Sanaddan matannya nya sebagaimana pada jalur Abu Daud
Pembahasan
Hadis tentang shalat tasbih,
sebagaimana telah dikutib di atas, diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, Abu Daud, dan
Ibnu Majah dengan beberapa jalur sanad. Para perawi dari sanad-sanad hadis tersebut yang dianggap
bermasalah yaitu pada jalur at-Tirmidzi dan Ibnu Majah pada hadis pertama.
Orang yang bermasalah tersebut adalah
Musa bin ‘Ubaidah yang tergolong matruk dan Sa’id bin Abi Sa’id yang
tergolong majhul. Adapun pada jalur Abu
Daud yang dianggap bermasalah yaitu al-Hakam bin Aban, akan tetapi masalahnya
tidak berat.
Maka sanad hadis tentang shalat
tasbih di atas berstatus dha’if, walaupun ada beberapa jalur sanad
sebagai penguat antara satu dengan lainnya, akan tetapi sanad hadis tersebut tetap
dihukumi dha’if. Sebab perawi matruk
merupakan salah satu pemalsu hadis Nabi, di sisi lain gelar matruk murupakan
anggota golongan pemalsu hadis.
[1] At-Tirmidzi, Sunan at-Tirmidzi, (Bairut:
Dar al-Fikr, 1994), Edisi Baru,
t.cet., Jilid 2, h. 350,
Bab, ma ja’a fi shalah at-Tasbih,
Hadis No. 482
[2] Abu Daud, Sunan Abu Daud, (Bairut:
Dar al-Fikr, 1994), Edisi Baru,
t.cet., Jilid 2, h. 303,
Bab Shalat Tasbih, Hadis No. 1298
[3] Ibnu Majah, Sunan Ibnu Majah, (Bairut :
Dar al-Fikr, 1995), Jilid 1, h. 437,
Kitab Ma Ja’a fi Shalah at-Tasbih, Hadis No. 1386-1387
[4]Ibnu Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairut: Dar al-Ikhya’, 1993),
Edisi Baru, cet ke-2, Jilid
5, h. 442
[5]Ibnu Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairut: Dar al-Ikhya’, 1993),
Edisi Baru, cet ke-2, Jilid
5, h. 246-247; Taqrib,
Jilid 2, h. 545
Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairut: Dar al-Ikhya’, 1993),
Edisi Baru, cet ke-2, Jilid
2, h. 235-236
[7] Ibnu Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairut: Dar al-Ikhya’, 1993),
Edisi Baru, cet ke-2, Jilid
5, h. 571
[8] Ibnu Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairut: Dar al-Ikhya’, 1993),
Edisi Baru, cet ke-2, Jilid
2, h. 307
[9] Ibnu Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairut: Dar al-Ikhya’, 1993),
Edisi Baru, cet ke-2, Jilid
6, h. 352
[10] Ibnu Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairut: Dar al-Ikhya’, 1993),
Edisi Baru, cet ke-2, Jilid
3, h. 342
[11] Ibnu Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairut: Dar al-Ikhya’, 1993),
Edisi Baru, cet ke-2, Jilid
5, h. 571
[12] Ibnu Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairut: Dar al-Ikhya’, 1993),
Edisi Baru, cet ke-2, Jilid
5, h. 572
[13] Ibnu Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairut: Dar al-Ikhya’, 1993),
Edisi Baru, cet ke-2, Jilid
4, h. 167-182
[14] Ibnu Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairut: Dar al-Ikhya’, 1993),
Edisi Baru, cet ke-2, Jilid
5, h. 571
[15]Ibnu Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairut: Dar al-Ikhya’, 1993),
Edisi Baru, cet ke-2, Jilid
2, h. 235-236
[16] Ibnu Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairut: Dar al-Ikhya’, 1993),
Edisi Baru, cet ke-2, Jilid
5, h. 571
[17] Ibnu Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairut: Dar al-Ikhya’, 1993),
Edisi Baru, cet ke-2, Jilid
2, h. 307
[18] Ibnu Hajar, Tahdhib at-Tahdhib , (Bairut: Dar al-Ikhya’, 1993),
Edisi Baru, cet ke-2, Jilid
6, h. 352
No comments:
Post a Comment
Setiap Mencopy artikel mohon meninggalkan pesan yang membagun