A. Pendahuluan
Hadits merupakan sumber hukum
kedua setelah al-Qur’an, sudah seharusnya kita mempelajarinya, sebagaimana
fungsi hadits sebagaimana fungsi hadits sebagai penjelas al-Qur’an, dalam
hadits memuat gejala penjelasan tentang suatu hal yang dirasa mujmal atau sulit
dipahami.
Dalam al-Qur’an telah dijelaskan
berbagai macam dosa besar dan keharusan kita untuk bertaubat serta menjauhkan
diri dari hal-hal yang dilarang oleh Allah. Dosa besar merupakan sesuatu dosa
yang dalam al-Qur’an sudah diancam hukuman yang sangat berat dan tidak mendapat
ampunan dari Allah, sebagai muslim kewajiban kita adalah menjalankan perintah
Allah dan menjauhi larangan-Nya sebagai wujud dari keimanan dan ketakwaan kita
Dalam Hadits yang berkaitan dengan
" 7(Tujuh) Dosa Besar", Rasulullah SAW telah menyuruh kita untuk menjauhi
7 perbuatan yang mengakibatkan 7 dosa besar yang berbahaya dan merusak.
Tidaklah yang dimaksud bahaya itu hanya terbatas pada 7 bahaya ini saja, akan
tetapi sebagai peringatan tujuh dosa besar, atau sesuatu yang lebih keji dari
pada itu seperti : zina, mencuri, khiyanat terhadap harta rampasan perang,
durhaka kepada kedua orang tua, sumpah palsu, adu domba, maka semua itu
merupakan perbuatan dosa yang membahayakan, dan perbuatan yang keji yang akan
mendapatkan siksa yang amat pedih.
Tujuh dosa besar yang wajib kita
hindari dalam tema kali ini ialah :
1. Menyekutukan Allah SWT
2. Sihir
3. Membunuh yang diharamkan
4. Makan harta riba
5. Makan harta anak yatim
6. Lari dari peperangan dikala peperangan sedang
berkecamuk
7. Menuduh zina terhadap perempuan Mu`min yang
suci[1].
Banyak hadits yang membahas
tentang 7 dosa besar dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Pada Makalah yang
akan dibahas kali ini, Penyusun akan mencoba untuk mengupas tentang 7 dosa besar
lebih rinci yang bersumberkan dari beberapa perawi hadits, yang kemudian
dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis sanad dan penjelasan makna tahlili.
B. Hadits-hadits Tentang 7(Tujuh) Dosa Besar
Sesuai dengan tema di atas yakni
7 dosa besar, telah penyusun telaah atau telusuri secara terperinci, hadits
yang penyusun dapatkan ditunjukkan oleh al-Mu`jam al-Mufharas li al-Fadz
al-Hadis an-Nabawi, dengan menggunakan kata " حرم(Harama)[2]"
yang kemudian dapat kita temukan pada kitab-kitab sebagaimana akan diterangkan
di bawah ini:
1. Hadits
Riwayat Imam Bukhori[3]
1. حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي
سُلَيْمَانُ بْنُ بِلَالٍ عَنْ ثَوْرِ بْنِ زَيْدٍ الْمَدَنِيِّ عَنْ أَبِي
الْغَيْثِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ قَالُوا
يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُنَّ قَالَ الشِّرْكُ بِاللَّهِ وَالسِّحْرُ وَقَتْلُ
النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَكْلُ الرِّبَا وَأَكْلُ
مَالِ الْيَتِيمِ وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ
الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلَاتِ
2. حَدَّثَنِي
عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي سُلَيْمَانُ عَنْ ثَوْرِ
بْنِ زَيْدٍ عَنْ أَبِي الْغَيْثِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اجْتَنِبُوا
الْمُوبِقَاتِ الشِّرْكُ بِاللَّهِ وَالسِّحْرُ
3.
حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ عَنْ ثَوْرِ بْنِ
زَيْدٍ عَنْ أَبِي الْغَيْثِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ قَالُوا
يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُنَّ قَالَ الشِّرْكُ بِاللَّهِ وَالسِّحْرُ وَقَتْلُ
النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَكْلُ الرِّبَا وَأَكْلُ
مَالِ الْيَتِيمِ وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ
الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلَاتِ
4. حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُنِيرٍ
سَمِعَ وَهْبَ بْنَ جَرِيرٍ وَعَبْدَ الْمَلِكِ بْنَ إِبْرَاهِيمَ قَالَا
حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرِ بْنِ أَنَسٍ عَنْ
أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ عَنْ الْكَبَائِرِ قَالَ الْإِشْرَاكُ بِاللَّهِ وَعُقُوقُ
الْوَالِدَيْنِ وَقَتْلُ النَّفْسِ وَشَهَادَةُ الزُّورِ تَابَعَهُ غُنْدَرٌ
وَأَبُو عَامِرٍ وَبَهْزٌ وَعَبْدُ الصَّمَدِ عَنْ شُعْبَةَ
2. Hadits Riwayat Imam Muslim[4]
حَدَّثَنِي
هَارُونُ بْنُ سَعِيدٍ الْأَيْلِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ قَالَ حَدَّثَنِي
سُلَيْمَانُ بْنُ بِلَالٍ عَنْ ثَوْرِ بْنِ زَيْدٍ عَنْ أَبِي الْغَيْثِ عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُنَّ قَالَ
الشِّرْكُ بِاللَّهِ وَالسِّحْرُ وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ
إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ وَأَكْلُ الرِّبَا وَالتَّوَلِّي
يَوْمَ الزَّحْفِ وَقَذْفُ الْمُحْصِنَاتِ الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ
3. Hadits Riwayat Abu Daud[5]
1. حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ
سَعِيدٍ الْهَمْدَانِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بِلَالٍ
عَنْ ثَوْرِ بْنِ زَيْدٍ عَنْ أَبِي الْغَيْثِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اجْتَنِبُوا السَّبْعَ
الْمُوبِقَاتِ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُنَّ قَالَ الشِّرْكُ بِاللَّهِ وَالسِّحْرُ
وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَكْلُ الرِّبَا
وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ وَقَذْفُ
الْمُحْصَنَاتِ الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ قَالَ أَبُو دَاوُد أَبُو الْغَيْثِ
سَالِمٌ مَوْلَى ابْنِ مُطِيعٍ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ يَعْقُوبَ
الْجُوْزَجَانِيُّ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هَانِئٍ حَدَّثَنَا حَرْبُ بْنُ
شَدَّادٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ عَبْدِ الْحَمِيدِ بْنِ
سِنَانٍ عَنْ عُبَيْدِ بْنِ عُمَيْرٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ حَدَّثَهُ وَكَانَتْ
لَهُ صُحْبَةٌ أَنَّ رَجُلًا سَأَلَهُ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا
الْكَبَائِرُ فَقَالَ هُنَّ تِسْعٌ فَذَكَرَ مَعْنَاهُ زَادَ وَعُقُوقُ
الْوَالِدَيْنِ الْمُسْلِمَيْنِ وَاسْتِحْلَالُ الْبَيْتِ الْحَرَامِ قِبْلَتِكُمْ
أَحْيَاءً وَأَمْوَاتًا
4. Hadits Imam An-Nasa'i[6]
1. أَخْبَرَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى قَالَ حَدَّثَنَا خَالِدٌ قَالَ حَدَّثَنَا
شُعْبَةُ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرٍ عَنْ أَنَسٍ عَنْ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ح وَأَنْبَأَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ
قَالَ أَنْبَأَنَا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ
عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرٍ قَالَ سَمِعْتُ أَنَسًا يَقُولُ قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْكَبَائِرُ الشِّرْكُ بِاللَّهِ
وَعُقُوقُ الْوَالِدَيْنِ وَقَتْلُ النَّفْسِ وَقَوْلُ الزُّورِ
2. أَخْبَرَنِي عَبْدَةُ بْنُ عَبْدِ
الرَّحِيمِ قَالَ أَنْبَأَنَا ابْنُ شُمَيْلٍ قَالَ أَنْبَأَنَا شُعْبَةُ قَالَ
حَدَّثَنَا فِرَاسٌ قَالَ سَمِعْتُ الشَّعْبِيَّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْكَبَائِرُ
الْإِشْرَاكُ بِاللَّهِ وَعُقُوقُ الْوَالِدَيْنِ وَقَتْلُ النَّفْسِ وَالْيَمِينُ
الْغَمُوسُ
3. أَخْبَرَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ
الْعَظِيمِ قَالَ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هَانِئٍ قَالَ حَدَّثَنَا حَرْبُ بْنُ
شَدَّادٍ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ عَبْدِ الْحَمِيدِ
بْنِ سِنَانٍ عَنْ حَدِيثِ عُبَيْدِ بْنِ عُمَيْرٍ أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَبُوهُ
وَكَانَ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ
رَجُلًا قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا الْكَبَائِرُ قَالَ هُنَّ سَبْعٌ
أَعْظَمُهُنَّ إِشْرَاكٌ بِاللَّهِ وَقَتْلُ النَّفْسِ بِغَيْرِ حَقٍّ وَفِرَارٌ
يَوْمَ الزَّحْفِ مُخْتَصَرٌ
4. أَخْبَرَنَا عَبْدَةُ بْنُ عَبْدِ
الرَّحِيمِ قَالَ أَنْبَأَنَا ابْنُ شُمَيْلٍ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ
أَنْبَأَنَا فِرَاسٌ قَالَ سَمِعْتُ الشَّعْبِيَّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ
عَمْرٍو عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْكَبَائِرُ
الْإِشْرَاكُ بِاللَّهِ وَعُقُوقُ الْوَالِدَيْنِ وَقَتْلُ النَّفْسِ وَالْيَمِينُ
الْغَمُوسُ
5. أَخْبَرَنَا الرَّبِيعُ بْنُ سُلَيْمَانَ
قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بِلَالٍ عَنْ ثَوْرِ بْنِ
زَيْدٍ عَنْ أَبِي الْغَيْثِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ قِيلَ يَا
رَسُولَ اللَّهِ مَا هِيَ قَالَ الشِّرْكُ بِاللَّهِ وَالشُّحُّ وَقَتْلُ
النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَكْلُ الرِّبَا وَأَكْلُ
مَالِ الْيَتِيمِ وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ
الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ
C. Analisis Sanad
Hadits-hadits yang
berkaitan dengan 7 dosa besar tersebut diriwayatkan oleh para mutadwin,
diantaranya Imam Bukhari, Muslim, Abu Daud, An-Nasa’i. Dalam pembahasan analisis
sanad ini penyusun akan menganalisis hanya satu sanad atau dari satu mutadwin
yaitu hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud.
1. Ahmad bin Said bin Basar bin Abidillah
al-Hamdani Abu Ja'far al-Masriyi[7]
a. Guru-gurunya :Ibnu
Wahab, As-Syafi'I, Asbagh bin Farji, Basyar bin Buker.
b. Murid-muridnya : said bin Basyar bin Abdillah
Al-Hamdani, Abu Ja'far, Al-Masriyi.
c. Wafat : Malam Sabtu Tanggal 10 Bulan Ramadhan Tahun 253
H
d. Kritikus Hadits: Menyatakan bahwa beliau adalah orang yang suduq.
2. Abdullah bin Wahab bin Muslim Al-Quraisy[8]
a. Guru-gurunya :Umar
bin Haris, Ibnu Hani, Hasan bin Abdillah al-Muafiri, Bakar bin Mudar, Hayawah
bin Syarih, Said bin Abi Ayub, al-Lais bin Said, Abdullah al-Fahri, Abdurrahman
bin Syarih, Sulaiman bin Bilal, dan lainnya.
b. Murid-muridnya : Abdurrahman bin Muhadii,
Abdullah bin Yusuf, al-Taniisi, Ahmad bin Shaleh al-Masri, Ali bin al-Madani,
Said bin Abi Murim, Harun bin Ma'ruf dan lainnya.
c. Kritikus Hadits: Menyatakan bahwa beliau siqoh.
3. Sulaiman bin Bilal Attaimi[9]
a. Guru-gurunya :Yahya
bin Said, Yazid bin Khasifah, Abi Wazjatil Sa'adi, Saurin bin Zaid addaili,
Ja'far Sodiq, Saad bin Sa'id al-Anshori, Abi Hazim bin Dinar, Suhel bin Abi
Shaleh, Abdurrahman bin Humed bin Abdurrahman bin Aup.
b. Murid-muridnya : Zaid bin Aslam, Soleh bin
Kaisar, Abdullah Azizi bin Abdillah, Serib bin Abdillah bin Abi Namir, Abi
Towalah, Amrin bin Abi Amrin.
c. Kritikus Hadits: Menyatakan bahwa beliau siqoh.
4. Saurin bin Zaid Addaili Maulahum al-Madani[10]
a. Guru-gurunya :Salim
Abi Goist, Abi Zanadi, Said Al-Makbariyi Akrimah, Hasan Basri.
b. Murid-muridnya : Sulaiman bin Bilal, Ibnu
Azalani, Abdullah bin Said bin Abi Hindi.
c. Kritikus Hadits: Menyatakan bahwa beliau orang yang siqoh.
5. Salim Abi Ghaisi al Madani Maula Ibnu Muti[11]
a. Gurunya :Abi
Hurairah.
b. Murid-muridnya : Saurin bin Ziid Addaili,
Sa'id al-Mukbari, Ishak bin Salim, Sofwan bin Salim, Umar bin Ato, Usman bin
Umar bin Musa, Yazid bin Khasifah.
c. Kritikus Hadits: Menyatakan bahwa beliau orang yang siqoh.
6. Abu Hurairah Addausi Alyamani[12]
a. Gurunya :Nabi
Muhammad SAW, Abi Bakar, Umar, Abi bin Ka'ab.
b. Murid-muridnya : Abu Al-Ghaisi, Muhrar, Ibnu
Abas, Ibnu Umar, Anas, Wasilatu, Jabir, Marwan bin Hakim, Said bin Musaib dan
lainnya.
c. Wafat pada tahun 80 H.
Dalam masing-masing mutadwin
sebagaimana tersebut, memiliki keragaman jalur sanad dengan perincian sebagai
berikut :
1.
Imam
Bukhari menggunakan 3 (tiga) jalur, masing-masing terdapat 5 urutan perawi.
2.
Imam
Muslim menggunakan 2 (dua) jalur, masing-masing jalur menggunakan 6(enam)
urutan perawi untuk hadits No.1,5(lima)
urutan perawi untuk hadits No.2 , Muslim
3.
Abu Daud
menggunakan 1 (satu) jalur dengan menggunakan
6
(enam) urutan perawi.
4.
An-Nasa'I
menggunakan 3 (tiga) jalur masing-masing jalur terdapat 8 urutan perawi untuk
hadits No.1, dan 6 urutan perawi untuk hadits No.2 dan 3 Nasa'i.
D. Kesimpulan Kualiatas Sanad Hadis Riwayat Abu Daud
Setelah melakukan
penelitian secara terperinci, penyusun dapat memberikan suatu kesimpulan dari hadis
yang menjadi tema pokok bahasan. Dari penelitian analisis sanad yang diambil
dari satu hadits tersebut, apabila dilihat dari aspek tersambungnya sanad
seluruhnya bersambung, sebab perawinya secara keseluruhan orang-orang
terpercaya, kecuali Ahmad bin Said bin Basar bin Abdillah al-Hamdani Abu Ja'far
al-Masriyi, walaupun Ahmad bin Sa’id kurang sempurna kesiqahannya akan tetapi
tidak pernah tadlis (menyembunyikan guru).
Selanjutnya, apabila
dilihat dari keadilan dan kedhabitannya, seluruh perawi hadis riwayat Abu Daud seluruhnya
siqah (terpercaya) selain Ahmad bin Said bin Basar bin Abidillah al-Hamdani Abu
Ja'far al-Masriyi, walaupun Ahmad bin Sa’id tidak sempurna kedhabitannya akan
tetapi tidak berbuat tadlis. Sehingga hadis riwayat dari Abu Daud dinyatakan
hasan.
Kemudian, untuk
seluruh jalur sanad hadis tema yang telah diuraikan diatas, penyusun menyimpulkan
bahwa hadits yang menjadi pokok kajian penelitian secara keseluruhan di lihat
dari aspek kuantitas dinilai mashur, sebab hadis Nabi tersebut telah diterima
oleh lebih dari 3 sahabat Nabi dan tidak sampai kepada mutawatir.
E. Pembahasan
Dosa besar adalah
perbuatan-perbuatan yang oleh al-Qur’an dan as-Sunah diancam dengan siksaan
yang sangat berat. Ancaman siksaan yang berat itu ialah ancaman untuk
dimasukkan neraka, memperoleh laknat dari Allah.
Menurut
hadis diatas bahwa Rasulullah bersabda :” jauhilah kamu sekalian 7 perkara yang
merusak, sahabat bertanya wahai Rasulullah dan itu apa, Rasul menjawab :
menyekutukan Allah, sihir, membunuh orang yang telah diharamkan oleh Allah
kecuali dengan hak, memakan riba, makan harta bendanya anak yatim, berpaling
pada hari pertempuran (lari), menyangka seorang perempuan mukmin berzina.”
Berdasarkan hadits diatas ada 7 macam dosa
besar yang harus kita hindari, yaitu :
- Menyekutukan Allah, sebagaimana kita yakini Allah mempunyai sifat yang berbeda dengan makhluk-Nya, adalah suatu dosa besar jika kita menyekutukannya.
- Sihir, merupakan perbuatan yang merugikan orang lain dan lebih percaya kepada yang lain dari pada Allah.
- Membunuh orang karena menghilangkan hak seseorang untuk hidup kecuali jika kita membunuh dengan suatu alasan yang dibenarkan syarat
- Memakan riba, seseorang yang memakan riba ia telah mengambil sesuatu yang bukan haknya sekaligus merugikan orang lain
- Memakan harta benda anak yatim hal tersebut termasuk perbuatan yang dilaknat oleh Allah.
- Berpaling pada hari pertempuran, atau lari dari pertempuran, agama telah menganjurkan pada kita untuk berjihad, menjadi seorang syuhada.
- Menyangka seorang perempuan mukmin berzina.
Adapun dosa besar menurut hadits
Anas adalah, ” Nabi Muhammad ditanya dari dosa-dosa besar, Nabi Muhammad
menjawab menyekutukan Allah, durhaka kepada orang tua, membunuh orang dengan
tidak benar dan saksi yang palsu”.
Dosa-dosa besar menurut hadits
diatas secara garis besar adalah :
1. Syirik kepada Allah.
Syirik yaitu menserikatkan Allah baik mengenai
dzat-Nya, sifat-Nya dengan sesuatu atau makhluk-Nya, syirik yang demikian oleh
para ulama disebut syirik akbar atau syirik iqtiqady, perbuatan syirik ini
mempunyai daya mengeluarkan seseorang dari golongan pemeluk agama dan
mengekalkannya di neraka, karena dosanya tidak memperoleh ampunan dari Allah.
Di samping syirik akbar disebut syirik ashghar
atau amaly yaitu mengerjakan sesuatu amal bukan karena Allah, tetapi karena
manusia, syirik ini tidak sampai mengeluarkan orang yang bersangkutan dari
golongan agama.
Pembagian syirik yang lain adalah syirik
jali, yaitu syirik secara terang-terangan, contohnya menyembah pohon, patung
dan sebagainya, yang kedua yaitu syirik khofi atau syirik secara samar-samar
yaitu meminta pertolongan kepada selain Allah, contohnya pergi ke dukun agar
dekat jodohnya.
Adapun cara untuk menghindari perbuatan
syirik diantaranya selalu berpedoman kepada ajaran al-Qur’an, menjauhi
orang-orang yang berbuat syirik dan memupuk iman yang ada dihati.
2. Durhaka kepada orang tua.
Yang dimaksud durhaka kepada orang tua
adalah bermakiat kepada kedua orang tua, namun jika seorang anak enggan
melaksanakan perintah kedua orang tuanya supaya menserikatkan Allah ia tidak
mendurhakai kedua orang tuanya, walaupun pada lahirnya ia bermaksiat, sebab
perintah kedua orang tuanya adalah perintah yang bertentangan dengan syariat.
3. Membunuh seseorang tanpa alasan yang
dibenarkan
Allah
menciptakan makhluk-Nya dengan segala hal dan kewajiban-Nya, termasuk hak untuk
hidup, maka seseorang diharamkan untuk membunuh orang lain.
4. Saksi palsu.
Islam mengajarkan kepada kita
agar selalu bersifat jujur, karena dengan kejujuran itulah hidup kita akan
tenang dan tentram, tidak dikejar-kejar rasa takut.
Sebuah kesaksian palsu dapat merugikan orang lain, orang yang seharusnya bersalah bebas dan yang seharusnya tidak bersalah menjadi terpidana.
Sebuah kesaksian palsu dapat merugikan orang lain, orang yang seharusnya bersalah bebas dan yang seharusnya tidak bersalah menjadi terpidana.
F. Penutup
Dari uraian di atas dapat disimpulkan
bahwa, menurut Abu Hurairah dosa-dosa
besar itu ada 7 macam, sedangkan menurut Anas dosa besar itu ada 4 macam. Lebih lanjut Dhahabi di dalam bukunya
mengatakan bahwa dosa besar itu ada 75 (tujuh puluh lima).
Untuk mengatasi dosa-dosa besar tersebut solusinya kita dianjurkan untuk senantiasa
beristighfar dan mengingat Allah, sebab Allah gembira terhadap hamba-Nya yang
bertaubat dan Allah senantiasa menerima taubat seorang hamba selagi ia belum
sekarat. Manusia memang sulit menghindar
dari dosa baik kecil maupun besar.
Kendatipun demikian, sebaik-baiknya orang adalah apabila berdosa segera
mengetahui dosanya dan memohon ampun.
DAFTAR PUSTAKA
Al-Bukhari, Abi Abdillah, Bukhari
bi al-Hasiyah as-Sinidi, Bairut: Dar al-Fikr, 1995, t.cet
Al-Hasan, Muslim bin al-Hajaj
bin Musmlim al-Qasyiri an-Nisaburi, Shahih Muslim, Bairut : Dar
al-Fikr, 1992, t.cet
Abi Daud Sulaiman bin
AS-Syajistani, Sunan Abi Daud, Bairut: Dar al-Fikr, 1994, t.cet
An-Nasa'I, Abu 'Abdullah
at-Thaman, Ahmmad bin Syu'aib bin 'Ali bin Sinan bin Bahr al-Khurasani, Sunan
AN-Nasa'i, Bairut: Dar al-Fikr, 1995, t.cet
Al-Asqalani, Tahdhib at-Tahdib,
Bairut: Dar al-Fikr, 1995, Cet ke-7
___________, Taqrib aT-Tahdib,
Bairut: Dar al-Fikr, 1995, Cet ke-7
Wensick, A.J. al-Mu’jam
al-Mufharas li al-Fadhi al-Hadis an-Nabawi, Leyden:
Brill, 1985, t.cet
Faturrahman, Haditsun Nabawi,
Menara Kudus, 1986, t.cet.
Zuhri, Muhammad, Kelengkapan
Hadits Qudsi, CV. Toha Putra, Semarang,
1988
As’ad Aliy, Drs., Fathul
Mu’in, Menara Kudus, 1989, t.cet.
Syamsudin Adh-Dhahabi,
Al-Kabair (terjemah), Surabaya
: Media Idaman, 1987, cet. Ke-1
Sohari, DKK., Hadis Tematik, Jakarta : Diadit Media,
2006, cet., ke-1
[1] Al-Adabun
Nabawi, Muhammad Abdul Aziz Al-Khuli diterjemahkan oleh K.H. Abdullah
Shonhadji, Widya Karsa Pratama, CV. Semarang, 1989
[2] A.J.
Wensinck, al-Mu`jam al-Mufharas li al-Fadz al-Hadis an-Nabawi, Jilid , hal.
[3] Hadits
1,2,4 Bukhari, Imam Bukhari, Bairut: Dar al-Fikr, 1995, t.cet
Hadits 1,2,3 Jilid 4,4,2, hal.24,212,157, Bab
As-Sirku wa Sibru Minal Muubiqaati, al-Muhsaanaati, Kaulilahita`ala, No.5764,
6857, 2766
[4] Hadits
1 dan 2 Muslim, Shahih Muslim, Bairut: Dar al-Fikr, 1992, Edisi Baru, t.cet,
Jilid 1, Bab Kitab al-Iman, No. 144,145
[5] Abu
Daud, Sunan Abu Daud, Bairut : Dar al-Fikr, 1994, Edisi baru, t.cet. Jilid 3,
hal.37, Bab Kitab "Washaa yaa", No.2874
[6] Hadits
1,2 dan 3 Nasa'I, Sunan An-Nasa'I, Bairut: Dar al-Fikr, 1995, Edisi Baru,
t.cet, Jilid 4, Hal.93-94, Bab Kitab " Tahrimu Dam, No.4016,4017,4018
[7] Al-Asqalani,
Tahdib at-Tahdib, Jilid 2, hal.24, Taqribu Tahdib,hal.67
[8] Al-Asqalani,
Tahdib at-Tahdib, Jilid 4, hal.364, Takribu Tahdib, hal.592
[9] Al-Asqalani,
Tahdib at-Tahdib, Jilid 2, hal.393, Taqribu Tahdib, hal.223
[10] Al-Asqalani,
Tahdib at-Tahdib, Jilid 1, hal.344, Takribu Tahdib, hal.83
[11] Al-Asqalani,
Tahdib at-Tahdib, Jilid 2, hal.366, Takrib at-Tahdib, Jilid 1, h.467
[12] Al-Asqalani,
Tahdib at-Tahdib, Jilid 6, h.479, Taqrib at-Tahdib, Jilid 2, h.455
No comments:
Post a Comment
Setiap Mencopy artikel mohon meninggalkan pesan yang membagun